BUTON SELATAN – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menunjuk Toni Kongres (Acucu) sebagai Ketua DPD PAN Buton Selatan (Busel).

Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) DPW PAN Sulawesi Tenggara (Sultra), Sukarman AK mengatakan Acucu sudah menerima SK DPP terkait penunjukan dirinya sebagai Ketua DPD PAN Busel. SK tersebut diserahkan beberapa waktu lalu oleh Ketua DPW PAN Sultra, Abdurahman Shaleh.

Sukarman mengungkapkan sebelum akhirnya Zulhas memilih Acucu, pengurus PAN di Sultra mengusulkan beberapa nama ke DPP untuk menjadi bahan pertimbangan DPP dalam menentukan Ketua DPD PAN Busel.

“Ternyata Ketua Umum pak Zulkifli Hasan menunjuk Acucu sebagai ketua PAN di Buton Selatan. Nah dengan sendirinya dari 17 kabupaten kota di Sultra tidak ada lagi masalah DPD Kita, semua sudah ada ketuanya,” ucap Sukarman AK, Rabu (29/3/2023).

Lanjut Sukarman, menjadi Ketua DPD PAN Busel Acucu mempunyai tugas untuk membenahi kembali administrasi PAN di Busel.

“Admnistrasi partai yang kita maksud termasuk infrastruktur partai kita sampai ke ranting-ranting. Jadi mulai dulu pengurus DPD, DPC, DPRt itu dia (Acucu) akan lihat kembali yang mana kira-kira masih loyal atau sudah pindah ke lain hati,” terang mantan Anggota DPRD Sultra 2 periode ini.

Kemudian yang tidak kalah penting, lanjut Sukarman, Acucu mempunyai tugas mempersiapkan calon legislatif (caleg) DPRD Busel untuk Pileg 2024 yang memiliki kapasitas dan punya akses di masing-masing dapil di Busel.

Hal itu diharapkan agar pada Pileg 2024 mendatang, PAN bisa memperoleh kursi di DPRD Busel.

“Sebagaimana kita ketahui di Buton Selatan, PAN tidak punya kursi. Makanya kita dorang orang yang punya kapasitas dan keinginan kuat untuk membesarkan PAN di sana. Muda-mudahan dia bisa dapat ya minimal 3 kursi. Syukur-syukur cukup untuk mendorong satu calon bupati ke depan,” pungkasnya.**