KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih penghargaan APBD Award 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

APBD Award 2023 yang dianugerahkan kepada Pemkot Kendari ini untuk kategori Realisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi Tahun 2022.

Sedangkan untuk Peprov Sultra untuk kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi 2022

“Penilaian (pemberian penghargaan) didasarkan dari perhitungan laporan realisasi anggaran (LRA). Kemudian dari LRA, dibentuk tim yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan pada hari ini,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni dikutip pada video APBD Award dan Rakornas Keuangan Daerah tahun 2023 Kemendari RI.

APBD Award 2023 diberikan kepada daerah melalui kepala daerahnya dengan tiga kategori. Pertama, kategori daerah dengan realisasi pendapatan tertinggi. Kedua, daerah dengan realisasi belanja tertinggi. Ketiga, daerah dengan realisasi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) tertinggi.

Masing-masing kategori penghargaan diberikan kepada lima provinsi, lima kabupaten, dan lima kota.

Daftar Daerah Peerima APBD Award 2023

Kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi 2022

tingkat kota
Samarinda (Kalimantan Timur)
Banjarbaru (Kalimantan Selatan)
Bontang (Kalimantan Timur)
Mojokerto (Jawa Timur)
Denpasar (Bali).

tingkat kabupaten
Bojonegoro (Jawa Timur)
Sumbawa Barat (NTB)
Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur)
Tanah Laut (Kalimantan Selatan)

tingkat provinsi
Kalimantan Timur
Kepulauan Bangka Belitung
Sulawesi Tenggara
Kalimantan Barat
Jawa Timur