KONAWE – Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) memasang spanduk peringatan bahaya buaya di sekitar wilayah Sungai Konaweeha.

Salah satunya, spanduk peringatan bahaya buaya ini dipasang di sekitar penyeberangan pincara di Desa Laosu, Kecamatan Bondoala, Kabupaten Konawe pada Minggu (22/1/2023).

Dilansir dari laman BKSDA Sultra, pemasangan spanduk peringatan ini dalam rangka penguatan fungsi konservasi keanekaragaman hayati dan spesies dalam bentuk penyelamatan jenis satwa buaya muara.

“Pemasangan spanduk peringatan ini juga sebagai langkah untuk menindaklanjuti seringnya buaya muncul di penyeberangan pincara,” Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, Laode Kaida dalam keterangannya.

Dikatakannya, dengan pemasangan spanduk peringatan ini, maka konflik antara manusia dan buaya dapat dihindarkan.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Camat Bondoala dan Lurah Laosu untuk membantu penyelamatan satwa yang dilindungi ini.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada saat menjalankan aktivitasnya, terutama saat berhubungan dengan Sungai Konaweeha,” bilangnya. **