KENDARI – Pagelaran peringatan Hari Nusantara dipusatkan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dari tanggal 11-14 Desember 2022.

Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember sebagai salah satu hari nasional merupakan penegasan dan pengingat bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hari Nusantara menjadi salah satu program nyata dari Nawa Cita ke-3 Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran serta program tol laut, baik saat ini maupun pada tahun-tahun yang akan datang, sehingga pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Rangkaian Kegiatan Hari Nusantara 2022

Hari Nusantara 2022 diisi dengan rangkaian acara mulai dari pameran expo produk potensi daerah, produk inovasi desa, produk UMKM dan komoditi Wakatobi serta kampanye gemar makan ikan dan lomba kuliner nusantara se-Sultra, para motor dan tarian kolosal.
 
Di Wakatobi, event Hari Nusantara akan mengedepankan kegiatan bahari seperti penanaman mangrove, pelepasan tukik, transplantasi karang dan panen raya rumput laut.

Dalam Press Briefing Hari Nusantara 2022 yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra disebutkan puncak acara Hari Nusantara 2022 pada 14 Desember 2022 yang dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo akan dilaksanakan kegiatan sailing pass, free fall, flying pass, serta pemberian Penghargaan Satya Lencana Wirakarya dan Anugerah Investasi Bahari 2022.

“Nanti juga akan ada deklarasi cuci tangan pakai sabun dan desa stop buang air besar sembarangan, penurunan angka stunting dari Kementerian Kesehatan,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dispar Sultra, Andi Syahrir di Kendari, Kamis (8/12/2022).

“Nanti juga ada parade seribu perahu, kemudian terjun payung bebas. Juga nanti ada peluncuran Desa Nelayan Cerdas,” tambahnya. **