KENDARI – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari menggelar festival pelatihan vokasi Sulawesi Tenggara (Sultra) 2022, di Aula BPVP Kendari, Kamis (20/10/2022).

Festival tersebut berlangsung selama 3 hari kedepan dan telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sultra yang dalam hal ini diwakili oleh Boy Ihwansyah yang merupakan Staf Ahli Gubernur Sultra Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Boy Ihwansyah dalam sambutan Gubernur Sultra mengatakan, pelatihan vokasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menekan angka pengangguran serta menciptakan tenaga kerja yang terampil yang akan berdampak pada penurunan angka kemiskinan.

“Ini merupakan upaya pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui berbagai program di bidang ketenagakerjaan, salah satunya melalui pelatihan vokasi. Dengan begitu tercipta tenaga kerja yang kompeten,” tuturnya.

Sementara itu Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu, mengatakan bahwa pelatihan vokasi Tahun 2022 merupakan ajang memperkenalkan keberadaan pelatihan vokasi di Kota Kendari dengan berbagai aktifitas yang berada didalamnya

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut masyarakat yang ada di Sultra khususnya Kota Kendari bisa menyalurkan keterampilan yang mereka miliki serta akan difasilitasi langsung sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

“Kami juga membuka job fair dalam hal ini mempertemukan dunia usaha dan dunia industri dan lulusan-lulusan pelatihan kami termasuk calon lulusan yang sementara ikut pelatihan agar mereka mengetahui bahwa peluang kerja untuk mereka setelah mengikuti pelatihan ini cukup cerah karena kami tidak hanya melatih tetapi juga mencarikan dunia usaha dan dunia industri yang bisa memperkerjakan mereka termasuk dengan Kadin,” kata Haji Polondu.

Lanjut Polondu, festival tersebut juga dirangkaikan dengan pelatihan disabilitas, fashion show, senam sehat, donor darah, serta demo instruktur.

“Jadi kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, dan untuk besok akan ada demo masak yang dipimpin langsung oleh chef syaiful rahman, lalu nanti juga ada demo service sepeda motor gratis kecuali beli suku cadanganya, demo pangkas rambut, dan terakhir di sabtu akan ada donor darah yang didukung oleh palang merah indonesia(PMI),” terangnya. ***