KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengelar rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk membahas kesiapan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Rapat ini dipimpin oleh Asisten II Setda Kota Kendari Jahudding di Balai Kota Kendari dengan menghadirkan berbagai instansi terkait, pada Jumat (7/6/2024).

Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai strategi untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pilkada, termasuk pengamanan logistik, penegakan protokol kesehatan, serta upaya pencegahan dan penanggulangan potensi konflik.

Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asisten II, Jahudding menegaskan komitmen pemerintah dalam menjaga integritas dan transparansi Pilkada, sambil memastikan bahwa seluruh tahapan berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku.

Rapat ini menjadi momentum penting dalam memastikan bahwa Pilkada berjalan lancar, adil dan demokratis, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman.

“Melalui rapat koordinasi ini kita dapat melakukan persiapan pemilukada agar dapat berjalan aman dan lancar, seperti mencegah adanya konflik dengan melakukan deteksi dini terkait adanya konflik serta menyediakan fasilitas dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” ucapnya, seperti dikutip dari kendarikota.go.id.

Asisten II juga mengapresiasi dukungan Forkopimda, dinas terkait dalam menyukseskan pemilihan presiden dan legislatif beberapa waktu yang lalu.

Dirinya menekankan pentingnya sinergi antara semua pihak untuk menjamin Pilkada berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

“Atas nama Pemerintah Kota Kendari kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024, sehingga dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Terakhir, Asisten II mengimbau kepada tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat agar membantu pemerintah dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah di wilayah Kota Kendari.

**