KENDARI – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari mengikuti upacara peringatan HUT TNI Angkatan Udara (AU) ke-78 Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Apron Lanud Haluoleo, Konawe Selatan (Konsel), Senin (22/4/2024). Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat serta perwakilan dari berbagai instansi pemerintahan.

Peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-78 Tahun 2024 ini juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto, bertindak sebagai inspektur upacara (irup).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto, memberikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara dalam setiap pelaksanaan tugas, khususnya, kepada prajurit TNI AU yang beberapa waktu ini berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan ke Palestina.

“Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas. Misi yang dilaksanakan adalah logistic air drop di jalur Gaza, dengan menggunakan pesawat C-130 J Super Hercules, dalam rangka membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” jelasnya seperti dikutip dari laman kendarikota.go.id.

Bantuan ini juga merupakan partisipasi TNI dalam misi bantuan kemanusiaan ke Palestina dengan tajuk Solidarity Path Operations bersama dengan 8 negara lainnya. Lanjutnya, apa yang dilakukan prajurit TNI AU ini merupakan pembuktian kemampuan TNI dalam interoperabilitas dengan militer negara lain.

Sekaligus keberhasilan kemampuan diplomasi kemanusiaan bangsa Indonesia khususnya TNI di percaturan internasional. Usai upacara peringatan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

**