KENDARI – Membanggakan, 13 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari ukir prestasi di berbagai jenis perlombaan. Satu diantaranya lolos Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Nasional di Yogyakarta.

Prestasi tersebut tentunya menjadi kebanggaan sivitas akademika untuk terus mengembangkan sumber saya manusia yang berdaya saing.

Sebagai perguruan tinggi Islam terbesar di Sultra, IAIN Kendari selalu membuka peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan wawasan keterampilan dan kreativitas baik di bidang akademik maupun non akademik.

Wakil Rektor III IAIN Kendari, Dr. Sitti Fauziah menyampaikan bahwa prestasi ini menjadi bukti bahwa mahasiswa IAIN Kendari senantiasa eksis dalam event kompetitif.

“Prestasi yang diraih oleh para mahasiswa tentunya sangat membanggakan institusi IAIN Kendari,” katanya, dikutip dari laman iainkendari.ac.id, pada Senin (18/3/2024).

Berikut 13 mahasiswa yang berhasil mengukir prestasi, yaitu:

Widia Fajeria mahasiswi Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, juara 1 tilawah pada Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) oleh RRI dan akan bersaing di tingkat nasional pada PTQ tahun 2024 di Yogyakarta.

Haslinda mahasiswi Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, juara 1 pada MTQ ke 30 tingkat Kota Kendari cabang lomba tilawah dewasa.

Ahmad mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, juara 1 tilawah remaja putra MTQ Kabupaten Kolaka Utara.

Agustiana Amanda Putri mahasiswi Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, juara I pada MTQ ke 17 Kabupaten Kolaka Utara cabang lomba karya tulis ilmiah Al-Quran kategori putri.

Kasmulyadi Agsa mahasiswa Prodi Tadris Fisika, meraih medali emas pada Indonesian Science Olympiad.

Nelsa Januarti mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam, juara I pada MTQ ke 5 Kabupaten Muna Barat cabang lomba kaligrafi kontemporer kategori putri.

Widia Fajeriah mahasiswi Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, juara I pada MTQ ke 18 Kabupaten Konawe Selatan cabang lomba tilawah remaja putri.

Putri Fahmi Aprilia, juara I pada MTQ ke 5 Kabupaten Muna Barat cabang lomba bintang vokalis kategori remaja putri.

Muhammad Nabil mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, juara 1 pada MTQ ke 17 Kabupaten Kolaka Utara cabang lomba kaligrafi hiasan mushaf kategori putra.

Nur Aeni Putri Gaffar mahasiswi Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, juara 3 Tausiyah Putri pada PTQ RRI Sultra.

Hafidz Abdillah mahaiswa Prodi Manajemen Dakwah, juara III Tausiyah Putra pada PTQ RRI Sultra.

Syahrion mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah, juara 3 pada MTQ 2024 Kabupaten Wakatobi cabang lomba pop solo religi.

Nurcahaya, menerbitkan buku antologi “Belajar Mengikhlaskan” dengan “Merangkai Jalan Kehidupan” yang diterbitkan oleh penerbit khaira tahun 2024.

**