KENDARI – Ratusan pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) meramaikan gerak jalan indah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (14/8/2023).

Gerak jalan indah ini diikuti 214 barisan ini mengambil rute mulai dari jalan raya depan Masjid Raya Al Kautsar hingga berakhir di Ruang Terbuka Publik (RTP) Kali Kadia, Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menyampaikan kegiatan lomba gerak jalan indah yang diselenggarakan ini, merupakan rangkaian dari semarak kemerdekaan di Kota Kendari.

Untuk itu kepada seluruh peserta baik itu siswa siswi SD dan SMP dapat mengambil empat makna yakni kebersamaan, sebab lomba ini adalah satu kompetisi, oleh karenanya dituntut kebersamaan.

“Munculkan nilai kekompakan, nilai-nilai juang atau sifat-sifat heroik dan yang terakhir adalah kedisiplinan,” ujar Asmawa dikutip dari laman kendarikota.go.id.

Selain itu, Pj Wali Kota juga mengingatkan, kepada seluruh peserta lomba gerak jalan indah, untuk hendaknya tetap menjaga ketertiban, dan keselamatan.

“Selama melaksanakan lomba ini, karena kita menggunakan jalan raya maka tolong dijaga terutama masalah ketertiban,” ungkapnya.

Dia juga berharap pelaksanaan lomba gerak jalan indah ini, di dalam diri peserta dapat terpatri, tertanam jiwa patriotisme dalam mengisi pembangunan dengan melaksanakan dan mengikuti seluruh pembelajaran di sekolah masing-masing.

Kepada panitia penyelenggara yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, atas nama Pemkot, Asmawa menyampaikan apresiasi.

“Hal-hal positif ini dapat kiranya terus ditingkatkan dalam rangka menciptakan kader atau sumber daya manusia yang betul betul memiliki kualitas yang baik dalam rangka pembangunan di Kota Kendari,” pungkasnya.

**