BAUBAU – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau terus berupaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta strategi tata kelola Sumber Daya Manusia (SDM) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau.

Hal ini dibuktikan dengan mengirimkan dua ASN Pemkot Baubau untuk mengikuti pelatihan terkait Pelaksanaan Pelatihan Kejuruan Dalam Sektor Industri (ToT) tahun 2024 di Tiongkok.

Program itu bermula dari tindaklanjut surat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Nomor : 28/D3.4/MARVES/IT.04.02/IV/2024 Jakarta, 18 April 2024 perihal permohonan dukungan pelaksanaan pelatihan kejuruan dalam sektor industri (Training of Trainer).

Pelatihan akan dilaksanakan pada 8 Mei sampai dengan 1 Juni 2024 di Suzhou Industrial Park Institute of Vocational Technology.

Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi mengungkapkan, telah terdaftar 120 peserta dari 58 Institusi termasuk Kota Baubau untuk mengikuti pelatihan dalam empat topik pelatihan.

“Adapun topik pelatihan antara lain IoT, Big Data, and AI Application for Tourism and Creative Economy, Material Science and Battery Manufacturing, Pharmaceuticals & Biotechnology, Precision Agriculture yang akan dilaksanakan di Suzhou Industrial Park Institute of Vocational Technology,” jelasnya, seperti dikutip dari laman PPID Utama Baubau.

Sementara itu, Plh Sekda Kota Baubau La Ode Darussalam, sudah mengirimkan surat kepada Plt. Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI perihal surat pengantar pelatihan Tiongkok 2024.

ASN yang dikirim mengikuti pelatihan di Tiongkok adalah Dr Lukman selaku SPPD Kadis Kesehatan Kota Baubau dan Jeihan Suarni, S.Tt Par yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pariwisata Kota Baubau.

**