BAUBAU – Ratusan atlet dari berbagai daerah ikut adu kemampuan untuk memperebutkan juara dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Terbuka se-Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024.

Kejurda yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau ini secara resmi dibuka oleh Pj Sekda Kota Baubau Saido Bonsai di Stadion Betoambari, pada Kamis (29/2/2024).

Kejuaraan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari sejak 29 Februari sampai dengan 2 Maret 2024.

Pj Sekda Kota Baubau Saido Bonsai berharap dengan adanya turnamen ini dapat melahirkan atlet atletik yang bisa mengharumkan nama daerah baik di tingkat nasional maupun internasional. Olehnya itu, iven ini diharapkan benar-benar meningkatkan prestasi di cabang olahraga atletik.

“Saya mengajak dan menghimbau, sekaligus mengingatkan kepada seluruh peserta kejuaraan atletik agar senantiasa menumbuhkan dan memelihara rasa kebersamaan, menjunjung tinggi sportifitas, memperkokoh persatuan dan kesatuan,” imbuhnya dikutip dari PPID Utama Baubau.

Sambung Pj Sekda bahwa sportivitas dalam artian bisa menghargai dan mengakui keunggulan lawan, juga menyadari dan menerima kekalahan dalam pertandingan.

“Dan yang tak kalah pentingnya adalah taati seluruh ketentuan dan peraturan pertandingan yang telah disepakati bersama sebelumnya,” katanya.

Saido Bonsai juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau serta Pengcab PASI Kota Baubau yang telah menyelenggarakan Kejurda Atletik tahun 2024.

“Atas segala bantuan, dukungan serta kerjasamanya sehingga Kejurda Atletik tahun 2024 dapat terselenggara dengan baik,” cetus dia.

Kejurda Atletik ini diikuti sejumlah utusan dari Kabupaten Wakatobi, Kota Kendari, Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Baubau sebagai penyelenggara.

Sementara jenis lomba yang diperlombakan anatara lain, lari 500 meter putra-putri, lari 800 meter putra-putri, lari 100 meter putra-putri, lempar turbo putra-putri, dan lompat jauh putra-putri.

**