BAUBAU – Bunda PAUD Kota Baubau Reffiani Dwiatmo Rasman menyampaikan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam hal pembentukan karakter anak.

“Pembentukan karakter anak yang dimaksud seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan spiritual. Sebab anak usia dini bagaikan kertas kosong yang siap ditulisi apapun di atasnya. Ajaran agama Islam menyebutnya fase fitrah yanh artinya bersih dan polos,” ucapnya dalam rapat koordinasi Bunda PAUD, seperti dikutip dari PPID Utama Baubau, pada Rabu (21/2/2024).

Selain itu, sambung Reffiani Dwiatmo Rasman, dalam pendidikan anak membutuhkan perenan perempuan. Menurutnya kontribusi dan kiprah perempuan saat ini menyadarkan semua bahwasannya perempuan adalah kelompok masyarakat yang memiliki kekuatan yang tidak main-main.

“Orang tua utamanya ibu dan gurulah yang akan berperan mengisi dan membentuk anak. Pendidikan karakter yang dilakukan anak usia dini akan menjadi fondasi sebelum pendidikan kognitif lainnya diberikan, Oleh Karena itu, peran Bunda PAUD sangat penting sekali dalam proses penanaman karakter unggul dalam proses pendidikan anak usia dini,” terangnya.

Untuk itu, Reffiani Dwiatmo Rasman berharap kontribusi, perhatian dan kerja bersama selalu menjadi semangat dan penanda bahwa para Bunda PAUD selalu menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan daerah.

“Dantaranya dengan mewujudkan harapan bahwa semua anak- anak Indonesia memperoleh pendidikan Paud yang berkualitas,” pungkasnya.

**