BAUBAU – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau Muh Rasman Manafi memberikan perhatian besar terhadap rencana perluasan landasan pacu Bandara Betoambari, terutama masalah pembebasan lahan yang akan dijadikan untuk perluasan landasan.

Pada Kamis (15/2/2023), Pj Wali Kota Baubau memimpin rapat pembebasan lahan perluasan Bandara Betoambari di ruang rapat kantor Wali Kota Baubau Palagimata.

Muh Rasman Manafi, menegaskan bahwa harus ada langkah cepat untuk mempersiapkan lahan yang diminta untuk dialokasikan Runway 22 dan 04 dan yang lebih spesifik di Runway 22, yang berukuran 150 meter X 200 meter.

Apalagi, tegas Muh Rasman bahwa informasi dari Kementerian Perhubungan RI sudah mengalokasikan anggaran dan ini ada batas waktunya sehingga tidak bisa lagi menunggu.

“Melihat petanya seperti apa termasuk pembebasan yang sebelumnya, supaya ini juga menjadi catatan kita. Ada peta yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu dimana peta tersebut terkait dengan kondisi lahan yang sudah dibebaskan sebelumnya. Kemudian, peta lahan yang menjadi prioritas yang diminta oleh pihak bandara untuk menjadi perhatian dalam penanganan segera. Serta peta yang perlu dilakukan tindak lanjut dan untuk ditangani,” jelas Pj Wali Kota Baubau dikutip dari PPID Utama Baubau.

Dia menambahkan, sebelum melakukan pertemuan dengan pihak Bandara Baubau, terlebih juga telah berkonsultasi dengan DPRD Kota Baubau terkait dengan pembebasan lahan bandara tersebut.

“Pada intinya DPRD Kota Baubau mendukung langkah yang akan ditempuh oleh Pemkot Baubau terkait untuk pernyataan dengan pemilik lahan,” pungkas Muh Rasman.

**