KONAWE – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konawe mengaku bangga kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah maksimal menjalankan tugasnya pada upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) pada Kamis (17/8/2023).

“Saya bangga, adik-adik Paskibraka telah sukses melaksanakan tugas negara, mulai dari pengibaran bendera hingga penurunan bendera merah putih dalam peringatan HUT ke-78 RI di Kantor Bupati Konawe,” kata Plt Kepala Kesbangpol Konawe, Tery Indria, Kamis 17 Agustus 2023.

Tery menyebut keberhasilan Paskibraka dalam rangkaian moment sakral ini, menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Konawe.

Dia berharap, seluruh anggota Paskibraka mampu menjadi ujung tombak dan dapat menjadi suri teladan dan contoh, baik di sekolah maupun di masyarakat.

“Semuanya lengkap, mereka semangat, semuanya sehat. Saya bangga kepada mereka, saya sekarang bahagia setelah kurang lebih 21 hari telah dikarantina dan dilatih,” kata Tery.

“Beban pundak saya alhamdulillah sudah selesai,” tambahnya.

Kedepannya, pasca seluruh anggota Paskibraka mengibarkan bendera pusaka ini tidak berhenti sampai di situ saja.

“Kedepannya setelah mereka tergabung di dalam BPIP atau PPI, mereka lebih semangat menyebarkan semangat kebangsaan kepada teman-teman dan di lingkungan mereka,” katanya.

Pembawa baki penurunan Bendera Merah Putih, Fika Mirela Alamri menyampaikan rasa bangga karena sukses melaksanakan tugas dengan baik, dan merasa lega perasaan telah melaksanakan penurunan bendera dengan baik.

Lebih lanjut, siswi SMAN 1 Unaaha ini mengatakan, mewakili teman-temannya berterima kasih kepada panitia dari Kesbangpol, dan dari pelatih Paskibraka yang telah memberikan pelajaran selama 21 hari telah di karantina.

“Kedepannya, setelah keluar dari Paskibraka, dan saya harus mempersiapkan diri untuk cita-cita yang saya inginkan, perasaan saya sedih, haru dan menangis,” ungkapnya.

**