KONAWE – Sebanyak 74 pelajar SMA yang bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dikukuhkan, Selasa (15/8/2023) malam di Hotel Nugraha Konawe.

Mereka akan bertugas di Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) pada Kamis (17/8/2023) mendatang.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa melalui Asisten II Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Muhammad Akbar mengatakan pengukuhan Paskibraka tahun ini melibatkan pasukan Paskibaraka yang siap bertugas mengibarkan bendera pada tanggal 17 Agustus dan penurunan bendera pada sore harinya.

“Kita berharap dan memberikan support kepada anak-anak kita semoga mereka tetap sehat sampai hari H, karena mereka ini memang telah terdidik dan merupakan sudah melewati masa-masa seleksi yang sulit hampir 1 bulan,” ujar Akbar kepada awak media.

Lebih lanjtu, atas nama Bupati Konawe, dirinya berharap banyak untuk anggota Paskibraka bisa bertugas secara maksimal dalam mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“Mudah-mudahan maknanya tidak mengurangi semoga teman-teman terutama kepada anak -anak kita dalam bertugas ke depannya, dan pelatih termasuk teman-teman pers dalam memberitakan kondisi meraka dan semoga tidak terkominasi dengan informasi yang lain,” timpalnya.

Dia menitipkan pesan agar anggota Paskibraka untuk tetap menjaga kesehatan, fokus pada tugas negara, karena sekian banyak pemuda Konawe hanya 74 orang yang terpilih.

“Jadi kebanggaan itu yang harus kita tanam diri mereka sebagai jati diri mereka untuk beprestasi ke depan,” pungkasnya.

Diketahui, pengukuhan itu dipimpin langsung oleh Asisten II Sekretariat Pemkab Konawe, Muhammad Akbar mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan dihadiri unsur Forkompinda serta para orang tua Paskibraka.

**