KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggelar gerak jalan 17 kilometer (km) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Senin (14/8/2023)

Gerak jalan yang diselenggarakan ini diikuti sedikitnya 94 barisan yang terdiri dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi masyarakat (Ormas), unsur kecamatan, kelurahan, parpol, sekolah, kampus, hingga masyarakat umum.

Rute yang akan ditempuh para peserta mulai dari pelataran Revitalisasi Kota Unaaha, berputar ke depan kantor Camat Wawotobi dan finish di depan kantor Bupati Konawe.

Ketua Panitia Gerak Jalan 17 Kilometer, Jahiuddin berharap kegiatan yang dilaksanakan ini dapat menjadi wadah masyarakat mengekspresikan semangat kemerdekaan.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya gerak jalan 17 kilometer ini, pemerintah daerah akan semakin memperkuat hubungan sillaturahim. Ini agenda setiap tahunan jadi setiap acara kegiatan 17 Agustus dilaksanakan kegaitan yang seperti ini. Alhamdulillah,” kata Jahiuddin.

Jahiuddin juga mengungkapkan pihaknya juga memfasilitasi pelaku UMKM untuk berjualan di tempat pelepasan dan finish gerak jalan ini.

“Alhamndulillah, pelaku UMKM yang ada di samping kanan kiri ini kita ini, membawa dampak positif (bagi mereka),” Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora) Konawe itu

Jahiuddin menandaskan, dipilinya pelataran Revitalisasi Kota Unaaha menjadi lokasi gerak jalan ini memiliki sejumlah tujuan.

Selain untuk mengenalkan kepada warga hadirnya kawasan kota dengan berbagai potensi lokal yang ada lewat revitalisasi tersebut, aktivitas sosial juga didorong agar lokasi tersebut menjadi nyaman bagi warga.

**