KENDARI – Satu unit truk merek Hino dengan nomer polisi DD 8863 KV bermuatan kayu terjun ke sungai Konoweha di Desa Besu, Kecamatan Morosi, Kebupaten Konawe, Selasa (7/3/2023) sekitar pukul 14:00 WITA.

Kapolsek Bondoala, AKP Agus Darmanto dalam keterangan tertulisnya menyebutkan kronologi kecelakaan tersebut.

Awalnya truk Hino Lohan yang memuat kayu bergerak dari arah Konawe Utara (Konut) menuju Kolaka.

“Mobil itu dikemudikan oleh lelaki bernama Hendrik warga Kelurahan Konawe, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe,” ujar Agus.

Dijelaskannya, sesampainya di pertigaan Desa Besu, truk tersebut mengalami rem blong dan menabrak mobil lainnya yaitu mobil dump truk Hino Dutro berplat DT 9756 LE dari arah utara ke selatan.

“Trek Hino Dutro dikemudikan oleh Samsuddin. Usai menabrak mobil lainnya kemudian mobil yang dikendarai Hendrik terus menabrak rumah dan kios warga,” jelasnya.

Setelah menabrak, mobil mobil yang dikendarai oleh Hendrik kemudian terjatuh ke sungai.

“Mobil tersebut jatuh ke sungai Konoweha,” bebernya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Kerugian itu akibat truk yang mengalami kerusakan dan hanyut di sungai serta kios warga setempat yang rusak akibat ditabrak truk naas tersebut mencapai Rp90 juta.

Saat ini, kata di truk tersebut masih berada di sungai Konoweha dan masih menunggu proses evakuasi.

“Dan besok pada hari Rabu 8 Maret 2023 akan dilakukan mediasi terkait ganti rugi kerusakan mobil dan rumah warga,” pungkasnya. **