KONAWE SELATAN – Setelah Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 berakhir, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) kini bersiap menyukseskan pesta demokrasi selanjutnya, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Konsel periode 2024 – 2029.

Sebagai bentuk dukungannya, Pemda Konsel tak hanya menandatangani hibah untuk penyelenggara tetapi juga anggaran pengamanan Pilkada juga telah dihibahkan.

Pemda Konsel melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pengamanan Pilkada 2024, di Pendopo Rujab Bupati, pada Jumat (16/2/2024).

Pada kesempatan itu, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, bersama Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, Dandim 1417 Kendari Kolonel Czi Bintarto Joko Yulianto dan Kapolresta Kendari AKBP Aris Tri Yunarko melakukan penandatanganan.

“Suksesnya penyelenggaraan Pilkada tak lepas dari pentingnya peran dan fungsi TNI dan Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban,” ucapnya dikutip dari laman facebook Prokompim Konsel.

Oleh karena itu, sambung Surunuddin, Pemda Konsel mendukung sepenuhnya segala program dan terobosan-terobosan TNI dan Polri yang berorientasi pada terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat kondusif.

Surunuddin menambahkan sebagaimana amanat Undang Undang, maka ada kewajiban pemerintah daerah mengalokasikan anggaran yang cukup untuk kegiatan pengamanan pemilihan kepala daerah.

“Sehingga ini menjadi dasar acuan kita melakukan penandatangan NPHD, yang sebagaimana telah tertuang dalam APBD Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan tahun anggaran 2024,” pungkasnya.

**