KOLAKA UTARA – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) merayakan keberhasilannya dalam meraih Penghargaan Adipura 2023 kategori Kota Kecil untuk yang kedelapan kalinya secara berturut-turut.

Piala Adipura tersebut diarak dari Desa Rantelimbong memasuki Kota Lasusua dan berakhir di Lapangan Literasi sebagai lokasi acara syukuran, Senin (18/3/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding dalam kesempatan itu menyerahkan Piala Adipura kepada Anggota DPRD, Akhiruddin sebagai perwakilan masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi ini, dirinya mengakui keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi para pendahulu.

Dirinya juga mengapresiasi kontribusi para pemimpin sebelumnya serta dukungan dari instansi pemerintahan dan masyarakat dalam meraih prestasi ini.

Pj Bupati juga menyampaikan apresiasi khusus kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) beserta jajarannya atas kerja keras mereka dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Piala Adipura sendiri merupakan penghargaan dari pemerintah pusat atas prestasi dalam menjaga kebersihan dan tata kota secara berkelanjutan.

Pj Bupati menekankan pentingnya menjaga keindahan alam, seperti pegunungan dan laut yang memeluk Kolut, serta ruang terbuka hijau yang masih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka, Pj Bupati juga menyerahkan reward kepada staf kebersihan yang sering disebut sebagai pasukan kuning.

Dirinya mengingatkan nilai dari penghargaan tersebut jangan dilihat dari jumlahnya, tetapi bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih pemerintah atas kerja keras mereka selama ini.

“Prestasi ini bukanlah kebetulan, melainkan hasil dari perjuangan yang terus-menerus untuk mempertahankan keberhasilan dan meningkatkannya di masa yang akan datang. Kabupaten Kolaka Utara berkomitmen untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan kota demi kesejahteraan masyarakatnya,” ujar Pj Bupati seperti dikutip dari laman Dinas Kominfo Kolaka Utara.

**