KOLAKA UTARA – Kabupaten Kolaka Utara berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Piagam penghargaan itu diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio kepada Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, pada Kamis (28/12/2023).

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melaksanakan penyerahan piagam penghargaan dan pengukuhan anggota gugus tugas daerah Bisnis dan HAM Tahun 2023.

Kolaka Utara merupakan salah satu dari 10 kabupaten/kota di Sultra yang memperoleh penghargaan tersebut. Selain itu, ada juga daerah lain seperti Kota Kendari, Bombana, Buton, Kolaka, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Muna Barat dan Wakatobi.

Asrun Lio mengungkapkan, peduli HAM merupakan bagian penting dari tanggung jawab pemerintah daerah dalam melindungi, menghormati, dan memajukan Hak Asasi Manusia.

“Keberhasilan dalam pelayanan disabilitas, perlindungan hak anak dan perempuan, serta masyarakat adat menjadi kriteria utama dalam meraih penghargaan ini,” ucapnya.

Dia menegaskan bahwa peduli HAM bukan sekadar sebuah penghargaan, melainkan komitmen nyata pemerintah daerah dalam melindungi, menghormati, dan memajukan Hak Asasi Manusia. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras bersama untuk memastikan pelayanan yang inklusif bagi semua lapisan masyarakat, khususnya dalam perlindungan hak anak, perempuan, dan masyarakat adat.

Sementara itu, Pj Bupati Kolut menyampaikan, dengan menerima penghargaan tersebut merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Kolaka Utara.

“Ini bukan hanya pengakuan atas pencapaian, tetapi juga menjadi momentum untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, terutama dalam menjalankan rencana aksi nasional HAM, demi keadilan dan perlindungan hak bagi semua warga,” tutupnya.

**