KENDARI – Turnamen sepak bola KNPI Cup I Tahun 2022 resmi dibuka oleh Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis, Senin (26/12/2022).

Pembukaan turnamen yang dipusatkan di Lapangan Nur Latamoro Kelurahan Rate-Rate itu nampak dihadiri oleh Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, Ketua Askab PSSI Koltim Risman Kadir, Ketua KNPI Koltim Nukman, Kapolsek Rate-rate, Danramil Tirawuta, dan sejumlah pimpinan OPD serta seluruh tim peserta.

Mengusung tema ‘Kolaborasi Pemuda Menuju Koltim yang Sejahtera, serta Junjung Tinggi Sportifitas Raih Prestasimu, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan HUT Koltim ke-10 yang akan jatuh pada 11 Januari 2023 mendatang.

Plt Bupati dalam kesempatan itu, menyampaikan pihaknya menyambut baik serta mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dalam turnamen tersebut.

Abd Azis menjelaskan, pelaksanaan turnamen ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pelajaran yang berharga, dalam pengembangan potensi diri para generasi muda serta mampu memupuk kebersamaan dan persaudaraan.

Sehingga, dengan turnamen sepak bola ini, diharapkan dapat menjaring bibit atlet-atlet berbakat yang bisa mengharumkan nama daerah.

“Dengan turnamen ini, diharapkan dapat menjadi momen yang semarak bagi seluruh masyarakat, terutama pecinta olahraga sepak bola, khususnya di Kolaka Timur. Selain itu, turnamen ini merupakan jawaban atas kerinduan masyarakat akan hadirnya sebuah kompetisi antar klub sepak bola, guna mengembangkan dan pembinaan sumber daya manusia di bidang olahraga sepak bola ini,” ujar Azis dikutip dari laman resmi Pemkab Koltim.

Pihaknya berjanji, kegiatan semacam ini akan rutin dilaksanakan tiap tahun dalam upaya meningkatkan prestasi atlet sepak bola.

Sementara itu, Ketua KNPI Koltim Nukman dalam laporannya menyampaikan jika kegiatan ini bertujuan untuk, memupuk persatuan dan persaudaraan antar pemuda, serta dapat menghasilkan bibit-bibit pesepakbola di Koltim.

Hal senada disampaikan Ketua Askab PSSI Koltim, jika di daerah tersebut banyak memiliki talenta-talenta pesepakbola.

“Turnamen seperti ini yang ditunggu-tunggu, untuk dapat menjaring bibit tersebut,” ujar Risman.

Diketahui, usai kegiatan pembukaan juga dilaksanakan pertandingan eksebisi antara Pemda Koltim yang dikapteni bupati vs jajaran KNPI Koltim. **