KOLAKA TIMUR – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Koltim menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pendidikan tahun 2024, pada Sabtu (6/1).

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Bupati Koltim, Abd Azis dan dihadiri Sekda Koltim, Kadikbud Koltim serta kepala sekolah dan guru se Koltim.

Dalam kesempatan itu, Bupati Koltim Abd Azis menyampaikan bahwa dalam membentuk karakter anak didik harus dibutuhkan kekompakan, kepiawaian, kecerdasan emosional, spiritual dan intelektual. Untuk itu, seorang guru sebagai tenaga pendidik harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik agar bisa mencerdaskan anak-anak bangsa.

”Kalau membangun jalan asal ada uang, perencana dan lain-lain itu sudah bisa. Tapi membangun SDM yang unggul, itu adalah pekerjaan yang luar biasa. Dan itu ada pada bapak dan ibu guru semua,” ucapnya.

Dalam menjalan tugas masing-masing sambung Abd Azis, semua harus berinovasi sesuai apa yang telah diamanahkan. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala sekolah dan guru untuk menjaga marwah dan nama baik daerah, dimana pun dan kapan pun serta bagaimana pun kondisinya.

”Jaga marwah diri sendiri, keluarga dan daerah ini, jangan memberikan narasi-narasi yang tidak baik. Kita harus kompak, bersinergi dan berkolaborasi untuk menciptakan hal-hal positif dan berguna bagi daerah ini. Yang pasti, menjadi guru harus punya kaki dan pundak yang kuat untuk menjalankan berbagai aktifitas untuk menuju dunia pendidikan emas 2045,” imbuhnya.

Dimomen ini pula, Bupati mengajak seluruh kepala sekolah dan guru se-Koltim, untuk dapat menciptakan pemilu yang aman dan damai.

”Kita harus saling menyayangi dan mencintai bersama. Saya juga tidak anti kritik, silahkan kritik dan beri masukan dengan tetap memperhatikan etika dan kebiasaan yang sesuai dengan norma,” tutup Bupati.

**