BUTON TENGAH – Kegiatan Karang Pamitran Daerah II Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berlangsung di Bumi Perkemahan Pantai Katembe, Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Buton Tengah (Buteng) resmi ditutup pada Kamis (10/11/2022) malam.

Giat yang telah berlangsung sejak 4 November lalu itu ditutup oleh Sekretaris Daerah Buteng yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Buteng, Konstantinus Bukide mewakili Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Buteng, Muhammad Yusup.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Ketua Harian Kwarda Sultra, Andalan Kwarda Sultra, Andalan Kwarcab Buteng serta para peserta Karang Pamitran.

Ketua Panitia yang juga Ketua Harian Kwarda Sultra, Jainuddin Ladansa dalam kesempatan itu menjelaskan sejumlah item kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Kami juga menambah satu kegiatan lagi di tempat ini itu karena animo peserta kita yang ingin melihat objek wisata di Buton Tengah,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya memuji lokasi bumi perkemahan yang dinilai mampu menjadi venue kegiatan Pramuka berskala nasional.

“Pada momentum Munas 2023 ke depan yang dilaksanakan di Aceh, Kwartir Daerah sudah rapat sudah berkomitmen untuk mengambil Karang Pamitran Nasional di Sulawesi Tenggara yang Insya Allah tempatnya di Buton Tengah ini,” paparnya.

Hal lain yang diatensi adalah kerja sama yang terjalin baik antara Kwarcab Buteng dan Kwarda Sultra sehingga penyelenggaraan kegiatan berlangsung relatif tanpa kendala.

Sementara itu, Ka Kwarcab Buteng, Konstantinus Bukide menyampaikan harapannya usai kegiatan Karang Pamitran digelar khusunya bagi peserta.

“Semoga dengan kegiatan ini pemenuhan kebutuhan Kwarcab masing-masing daerah untuk menciptakan kader pembina dan pelatih dapat terpenuhi dan dapat menjadi motivasi meningkatkan mutu pembina”.

“Event perkemahan seperti ini yang sarat akan nilai dsn makna dapay menghasilkan pembina dan pelatih berprestasi di masa mendatang, kami berharap kegiatan seperti ini untuk dapat ditingkatkan, kami di Kwarcab siap mendukung kemajuan Pramuka di Buteng,” kata Konstantinus.

Pihaknya juga mengapresiasi Kwarda Sultra atas kepercayaan yang diberikan untuk mengemban amanat menjadi tuan rumah.

“Semoga memberi kesan yang baik dan memori indah untuk kakak-kakak sekalian serta terima kasih kepada panitia daerah dan lokal yang telah menfasilitasi dan bekerja keras mensukseskan kegiatan ini,” timpalnya.

Ka Kwarcab juga menyanggupi atas rencana daerah berjuluk “Negeri Seribu Goa” ini untuk menjadi tuan rumah kegiatan berskala yang lebih besar. ***