KENDARI – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyerahkan 4 unit motor sampah untuk warga di sekitar Jalan HEA Mokodompit, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Selasa (8/2/2022).

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Djinik mengatakan, penyerahan motor sampah ini bagian dari kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam menjawab apa yang menjadi keinginan masyarakat di Kelurahan Lalolara khususnya didepan kampus baru.

“Ini menjadi perhatian kita bersama bagaimana kita berkolaborasi dengan menjaga kebersihan sampah karena kalau bukan kita siapa lagi,” kata Rajab Djinik.

Dikatakannya, banyaknya sampah di depan kampus baru menjadi perhatian pemerintah kota untuk bagaimana menyahuti apa yang menjadi aspirasi masyarakat setempat.

“Saya berterima kasih kepada bapak Wali Kota Kendari yang telah memberikan respon baik, apa yang menjadi ke ingin masyarakat melalui DPRD Kota Kendari,” ujarnya.

Rajab Jinik berharap, adanya motor sampah tidak ada lagi sampah berserakan di depan kampus baru. Rajab Djinik akan menyediakan fasilitas yang nantinya akan di atur dalam RT/RW untuk bagaimana memberdayakan masyarakat dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Kita akan jadikan kampus baru sebagai File Project untuk ketaatan pembuangan sampah dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

“Jika dikemudian hari ditemukan membuang sampah sembarangan, kita akan bekerja sama dengan DLHK Kota Kendari untuk mensosialisasikan Perda tentang sanksi membuang sampah sembarangan,” sambungnya.

Alasan Rajab Djinik memilih kampus baru karena dirinya dan Wali Kota Kendari sama-sama alumni Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, sehingga warga kampus baru diberi perhatian khusus.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan, hal ini sebagai bentuk sinergitas dan kerjasama serta koordinasi antara pemerintah kota bersama DPRD Kota Kendari.

“Kami berharap, kendaraan motor sampah bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk menjaga kebersihan di wilayah ini. Untuk itu, saya mohon fasilitas ini bisa dirawat dengan baik supaya penggunaannya bisa lebih lama,” tandasnya.