KENDARI – Peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah menjadi momentum untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah dalam rangka memperkokoh kerukunan umat beragama di Sulawesi Tenggara.

Hal tersebut disampaikan Plh. Sekretaris Daerah Sultra, Suharno membacakan sambutan Gubernur Sultra saat menghadiri peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriyah di di Masjid Raya Al Kautsar, Kota Kendari, Rabu (29/7/2023).

Dikatakannya juga, pelaksanaan zikir dan tausiyah dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah ini sebagai wujud kesyukuran atas berbagai nikmat yang telah dianugerahkan kepada masyarakat dan daerah Sulawesi Tenggara.

“Kita berdoa semoga melalui zikir akbar ini, tanah air dan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat dan daerah Sultra senantiasa diberi keselamatan dan perlindungan serta dijauhkan dari segala musibah dan bencana,” kata Suharno dalam sambutannya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Suharno mengucapan, selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriyah kepada segenap masyarakat Sultra.

“Semoga momentum pergantian tahun ini dapat menjadi media penguatan komitmen kebersamaan kita dalam membangun Sultra yang lebih aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra, Muhammad Saleh mengatakan, dengan semangat ditahun baru ini, dapat meningkatkan kualitas iman kepada Allah SWT, sekaligus kita juga bisa meningkatkan kualitas pengabdian sebagai hamba Allah SWT dan sebagai pelayan masyarakat dilingkup Pemprov Sultra.

“Peringatan 1 Muharram 1445 Hijriyah ini adalah momentum yang sangat strategis dalam perjalanan Islam, salah satu yang bisa kita petik dari perayaan 1 Muharram adalah mudah-mudahan kita semua bisa dan mampu melakukan hijrah,” kata Saleh dalam kesempatannya.

“Kita berpindah dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang tidak sempurna menjadi sempurna, kalau kita sebagai hamba maka  mudah-mudahan kualitas iman semakin baik, dan sebagai ASN pengabdian kita kurang mudah-mudahan dengan semangat hijrah di tahun 1445 Hijriah kualitas pengabdian kita kepada instansi atau  tempat kita bekerja lebih baik lagi,” katanya.

**/red