KONAWE – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Angkatan IX, Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar penyuluhan kesehatan mengenai pemanfaatan sumber daya alam (SDA) pesisir untuk pencegahan stunting di Balai Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Jumat (19/5/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pesisir terkait pentingnya pencegahan stunting dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung Peningkatan Kesehatan (Promotif) dan Pencegahan Penyakit (Preventif) pada ibu hamil dan anak pada masyarakat di desa tersebut.

Mahasiswa PSPPA angkatan IX yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini di bawah dosen pembimbing Dr. irnawati S.Farm., M.Sc., dan Apt. Irvan Anwar, S.Farm., M.Si.

Mantan Presiden Mahasiswa (Presma) UHO saat ini tergabung dalam mahasiswa PSPPA Angkatan IX, Muhamad Luthfid Anando Aly Roza, S.Farm. menyatakan kegiatan pengabdian ini merupakan kontribusi dari mahasiswa apoteker di masyarakat.

Tentunya ini penting melihat daerah pesisir merupakan daerah dengan angka stunting terbanyak di Tanah Air dan desa Soropia salah satunya.

“Harapannya dengan sosialisasi kesehatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting untuk masa depan indonesia. Sumber daya sekitar daerah pesisir yang bisa di manfaatkan untuk pencegahan stunting yaitu Konsumsi nutrisi dan gizi ibu hamil dan anak dari ikan dan kerang hijau,” ujar Luthfid.

Lanjutnya, penelitian telah menyebutkan bahwa ikan dan kerang hijau memiliki kandungan asam folat, vitamin D, protein dan lainnya yang dapat memenuhi nutrisi ibu hamil sehingga stunting dapat dicegah.

“Masyarakat pesisir saat ini seharusnya sadar bahwa disekitar mereka banyak sumber nutrisi untuk mencegah stunting. Salah satunya ikan ini dapat membantu mencegah stunting. Selain lebih murah tentunya lebih mudah di dapatkan untuk masyarakat pesisir,” tutup Luthfid. *