HaloSultra.com – Ciri-ciri kurang minum air putih dapat dikenali dari beberapa hal, seperti rasa haus dan mulut terasa kering. Ini perlu diperhatikan karena tubuh memerlukan cairan agar dapat berfungsi dengan baik.

Tidak hanya itu, asupan cairan tubuh juga harus selalu tercukupi agar terhindar dari dehidrasi.

Bila kekurangan cairan, berbagai fungsi tubuh akan terganggu dan risiko terkena dehidrasi akan meningkat. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri kurang minum air putih guna mencegah kondisi tersebut.

Dilansir dari Alodokter, saat tubuh kekurangan cairan akibat kurang minum air putih, ada beberapa ciri yang dapat muncul, yaitu:

  • Haus

Ciri kurang minum air putih yang paling utama adalah haus. Rasa haus merupakan respons alami tubuh ketika cadangan air yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya telah menipis.

  • Urine Berwarna Gelap

Urine berwarna gelap dapat menjadi tanda kurang minum air putih. Hal ini bisa terjadi karena tubuh berusaha untuk menyimpan cadangan air yang ada di dalam tubuh, sehingga air yang dikeluarkan melalui urine menjadi berkurang.

Efeknya, urine lebih didominasi oleh limbah tubuh, seperti natrium dan urea, yang membuat warnanya menjadi lebih gelap dari biasanya

  • Sakit Kepala

Kurang minum air putih bisa menyebabkan sakit kepala, terutama ketika sedang berdiri. Namun, sakit kepala yang disebabkan kondisi ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang sekitar 1 jam setelah Anda minum beberapa gelas air putih.

  • Sulit Konsentrasi

Konsentrasi bisa terganggu ketika asupan air tidak tercukupi dengan baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat mengganggu fungsi otak, terutama untuk konsentrasi dan daya ingat.

  • Mudah Lelah

Saat kurang minum, Anda akan lebih mudah lelah karena dehidrasi bisa memengaruhi siklus tidur di malam hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengalami dehidrasi biasanya kurang tidur, sedangkan orang yang cukup minum cenderung tidurnya cukup dan berkualitas.

  • Mulut Kering dan Bau Mulut

Saat kurang minum air putih, produksi air liur akan menurun sehingga bibir dan mulut menjadi kering. Tidak hanya itu, kurangnya produksi air liur juga membuat bakteri di mulut menumpuk sehingga memicu bau mulut.

  • Sembelit

Kurang minum air putih bisa menjadi penyebab sembelit karena tinja menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Sembelit ditandai dengan berbagai macam gejala, seperti perut kembung dan buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.

  • Kram Otot

Minum air putih saat olahraga penting dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Selain dehidrasi, keluhan kram otot dan nyeri sendi juga bisa muncul saat tubuh kekurangan cairan.

Itulah ciri-ciri kurang minum air putih yang perlu Anda ketahui. Penting untuk memastikan bahwa asupan cairan terpenuhi dengan baik agar terhindar dari dehidrasi.

**