HaloSultra.com – Makanan penyebab sinusitis biasanya mengandung zat tertentu yang dapat membuat gejala dari penyakit ini kambuh atau bertambah parah.

Sinusitis merupakan peradangan pada sinus, yaitu rongga kecil yang menghubungkan saluran udara di dalam tulang tengkorak.

Ketika menderita kondisi ini, penderita sinusitis akan mengalami pilek, hidung tersumbat, maupun nyeri di bagian wajah.

Dilansir dari Alodokter, penderita sinusitis perlu menghindari beberapa makanan penyebab sinusitis berikut ini:

  • Keju

Keju merupakan salah satu makanan penyebab sinusitis yang perlu dihindari. Pasalnya, makanan dengan cita rasa gurih ini termasuk dalam produk olahan susu sapi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu sapi mengandung kasein yang dapat memicu alergi serta meningkatkan produksi dahak di saluran pernapasan. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi penderita sinusitis. Selain keju, produk olahan susu sapi lainnya yang perlu dihindari adalah mentega, yoghurt, dan es krim.

  • Permen

Permen mengandung gula tinggi yang bisa memicu kambuhnya sinusitis atau memperparah gejalanya. Ini karena konsumsi makanan penyebab sinusitis tersebut dapat membuat tubuh menerima asupan gula berlebih yang bisa mengganggu metabolisme dan memperparah peradangan di dalam tubuh.

Salah satu peradangan yang bisa terjadi atau bertambah parah akibat asupan gula berlebih adalah peradangan pada sinus. Dengan begitu, berbagai gejala sinusitis pun bisa kambuh atau bertambah parah.

Tak hanya permen, asupan gula berlebihan juga bisa terjadi akibat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman lain, seperti cokelat, sereal, soda, teh manis, minuman berenergi, maupun jus kemasan. Berbagai jenis minuman dan makanan tersebut juga sebaiknya Anda hindari bila menderita sinusitis.

  • Sosis

Sosis terbuat dari daging olahan yang menggunakan histamin sebagai salah satu bahan tambahan dalam proses pembuatannya. Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel darah putih untuk melawan alergi dan infeksi. Selain itu, zat tersebut juga bisa diperoleh dari konsumsi beberapa makanan.

Penderita sinusitis disarankan untuk menghindari makanan penyebab sinusitis yang mengandung histamin, salah satunya sosis. Ini karena mengonsumsi sosis akan meningkatkan kadar zat histamin secara berlebihan sehingga tidak bisa dipecah dengan baik oleh tubuh.

Zat histamin yang tidak dipecah dengan baik akan menumpuk dan memicu terjadinya beberapa kondisi yang berhubungan dengan gejala sinusitis, seperti bersin, pilek, hidung tersumbat, dan kesulitan bernapas. Artinya, makin banyak kadar zat histamin di dalam tubuh, makin parah pula gejala sinusitis dapat terjadi.

  • Tomat

Tak hanya ditemukan dalam makanan olahan, histamin juga terkandung secara alami pada beberapa buah-buahan dan sayuran, salah satunya tomat. Dengan begitu, tomat menjadi makanan penyebab sinusitis yang sebaiknya dihindari untuk mencegah gejala penyakit tersebut menjadi kambuh atau bertambah parah.

Selain tomat, buah dan sayur lainnya yang juga mengandung histamin yang tinggi di antaranya adalah alpukat, pisang, terong, dan bayam.

  • Semangka

Semangka menjadi makanan penyebab sinusitis karena mengandung asam salisilat yang dapat memperburuk gejala dari penyakit tersebut. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa asam salisilat dapat memicu efek samping berupa pilek, bersin, dan hidung tersumbat.

**