HaloSultra.com – Selama bulan Ramadan, saat kita berbuka puasa, sering kali kita tergoda untuk mengonsumsi makanan lezat dan berlemak tinggi.

Namun, beberapa makanan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut adalah 7 jenis makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa dilansir dari Health Line.

  • Gorengan

Makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng dalam minyak banyak mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Gorengan seperti gorengan pisang, gorengan tahu, dan gorengan tempe mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Sebagai alternatif, pilih camilan yang direbus atau panggang seperti ubi rebus atau singkong panggang.

  • Daging Berlemak

Konsumsi daging merah berlemak, seperti daging sapi berlemak, daging kambing, dan daging berlemak lainnya, dapat meningkatkan kadar kolesterol. Lebih baik memilih daging tanpa lemak atau pilihan protein lain yang rendah lemak.

  • Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, daging asap, dan makanan kalengan seringkali mengandung tambahan lemak jenuh dan kolesterol.

Pilih sumber protein alami seperti daging tanpa lemak atau ikan untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi.

  • Kulit Ayam

Kulit ayam mengandung lemak jenuh yang tinggi. Mengonsumsi kulit ayam dapat meningkatkan asupan lemak jenuh dan kolesterol.

  • Makanan Manis Tinggi Gula

Makanan manis seperti kue, permen, dan minuman bersoda tinggi gula dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, yang dapat berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung.

Makanan manis dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan terkait, termasuk kadar kolesterol yang tinggi. Pilih buah segar sebagai alternatif yang lebih sehat dan rendah gula.

  • Makanan Berminyak

Makanan yang digoreng dalam minyak banyak atau digunakan minyak mentega dan margarin tinggi lemak jenuh juga bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan yang kaya kolesterol, seperti kuning telur, hati, dan produk susu tinggi lemak seperti keju, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pilihlah sumber protein nabati seperti kacang-kacangan atau tofu sebagai alternatif yang lebih sehat.

Dengan memilih makanan yang lebih sehat saat berbuka puasa, Anda dapat membantu menjaga kadar kolesterol tubuh tetap stabil dan mengurangi risiko masalah kesehatan terkait.

Selalu prioritaskan makanan yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan gula tambahan untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

**