HaloSultra.com – Makan tomat mentah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kukit wajah bila dilakukan secara rutin.

Mengonsumsi tomat mentah diketahui memiliki beragam khasiat untuk tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Hal ini karena tomat mentah memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tomat yang sudah diolah.

Dengan begitu, manfaat makan tomat mentah untuk wajah bisa Anda dapatkan secara optimal.

Dilansir dari Alodokter, berikut berbagai manfaat makan tomat mentah untuk wajah yang bisa Anda dapatkan, sebagai berikut:

  • Melembapkan Kulit

Manfaat makan tomat mentah dalam melembapkan wajah berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya.

Vitamin yang satu ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelembapan kulit, termasuk kulit wajah. Tak hanya itu, tomat juga kaya akan kalium, yaitu mineral yang dibutuhkan kulit agar tetap terhidrasi.

  • Merangsang Produksi Kolagen

Kolagen merupakan protein alami di dalam tubuh yang dapat ditemukan di kulit, otot, tulang, tendon, atau ligamen. Bagi kulit wajah, kolagen memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan elastisitas kulit agar tampak lebih kencang dan awet muda.

Agar kadar kolagen di dalam tubuh tetap terjaga, makan tomat mentah secara rutin bisa Anda lakukan. Hal ini karena tomat mengandung vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen. Dengan begitu, kesehatan kulit wajah pun dapat terjaga dengan baik.

  • Mencegah Penuaan Dini

Manfaat makan tomat mentah untuk wajah lainnya adalah mencegah penuaan dini. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C di dalam tomat mentah yang berperan sebagai antioksidan dan membantu perbaikan sel kulit.

Dengan begitu, munculnya berbagai tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, atau bintik hitam, dapat dicegah.

  • Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Sebuah studi menunjukkan bahwa tomat memiliki kandungan likopen yang bermanfaat untuk melindungi kulit, termasuk kulit wajah, dari paparan sinar ultraviolet. Oleh karena itu, manfaat makan tomat mentah untuk wajah yang satu ini tidak boleh dilewatkan, terutama bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan.

Namun, perlu diingat bahwa makan tomat mentah secara rutin tidak bisa menggantikan penggunaan tabir surya. Anda tetap dianjurkan untuk memakai tabir surya dengan SPF minimal 30 ketika beraktivitas di luar ruangan pada siang hari agar kulit terlindungi secara maksimal.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin C yang terkandung dalam tomat juga akan merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang baru. Oleh karena itu, sering makan tomat mentah dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka, misalnya luka bekas jerawat di wajah.

  • Mencegah Kanker Kulit

Manfaat makan tomat mentah untuk wajah yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah mencegah terjadinya kanker kulit. Seperti namanya, kanker kulit adalah jenis kanker yang terjadi di kulit dan umumnya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari secara berlebihan.

Dalam mencegah kanker kulit, likopen menjadi kandungan di dalam tomat yang memiliki peran besar. Hal ini karena likopen memiliki sifat antikanker yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk kanker kulit.

**