HaloSultra.com – Buah pepaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehayan kulit wajah. Kandungan antioksidan dan enzim papain di dalam buah ini dapat mencerahkan wajah bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Manfaat pepaya untuk wajah tidak bisa dilepaskan dari kandungan enzim papain, vitamin A, serta antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, likopen, dan beta karoten di dalamnya.

Beragam manfaat pepaya ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi pepaya secara langsung maupun menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung pepaya, seperti sabun dan masker.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini beragam manfaat pepaya untuk wajah:

  • Memudarkan noda hitam

Kandungan antioksidan di dalam pepaya, seperti beta karoten, mampu memudarkan noda hitam. Selain itu, sabun yang mengandung pepaya juga dipercaya mampu menghambat produksi melanin, yaitu zat pewarna kulit, sehingga kulit menjadi glowing.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan pepaya dalam memudarkan noda hitam, tidak ada salahnya Anda menggunakan produk kecantikan yang mengandung pepaya.

  • Meredakan jerawat

Manfaat pepaya untuk wajah lainnya adalah membantu meredakan jerawat. Pepaya mengandung enzim papain dan vitamin A yang membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Buah ini juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sehingga jerawat bisa dicegah.

  • Mencerahkan wajah

Pepaya juga dapat mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin dan antioksidan di dalam buah ini diyakini mampu mencerahkan kulit wajah. Pepaya yang diolah sebagai sabun mampu membantu pengelupasan sel kulit mati, sehingga merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

  • Mengurangi kerutan halus

Mengurangi kerutan juga merupakan salah satu manfaat pepaya untuk wajah. Munculnya kerut halus merupakan tanda-tanda penuaan yang bisa disebabkan oleh radikal bebas. Untuk memerangi radikal bebas sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan, Anda bisa mengonsumsi buah yang kaya antioksidan, contohnya pepaya.

  • Menghaluskan kulit wajah

Pepaya yang diolah sebagai produk skin care, seperti sabun, juga dapat menghaluskan kulit wajah. Enzim papain di dalam buah ini bisa menghaluskan kulit dengan cara menyingkirkan sel kulit mati di permukaan kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih halus.

  • Mengencangkan kulit wajah

Salah satu manfaat pepaya untuk wajah adalah mengencangkan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit wajah bisa mengendur. Kandungan antioksidan di dalam pepaya dapat mempertahankan kekenyalan kulit wajah dan membuatnya tetap kencang, sehingga Anda akan tampak awet muda.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat masker pepaya di rumah:

  • Haluskan pepaya yang matang.
  • Balurkan pepaya tersebut ke wajah secara merata dan diamkan selama 15–20 menit.
  • Bilas masker pepaya hingga bersih dengan menggunakan air.
  • Keringkan wajah dan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk yang bersih.

Setelah itu, gunakanlah pelembap wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Agar Anda mendapatkan manfaat pepaya untuk wajah dengan maksimal, gunakan masker dari buah ini 1 kali seminggu secara rutin.

**