HaloSultra.com – Bengkuang memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk kulit wajah yang tidak boleh dilewatkan.

Bengkuang mengandung beragam nutrisi yang dapat melembapkan dan mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Tak hanya dari nutrisi yang terkandung di dalamnya, bengkuang juga bisa mendukung kesehatan kulit wajah karena memiliki kandungan air yang banyak.

Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa manfaat bengkuang untuk wajah:

  • Melembapkan kulit

Bengkuang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Itu artinya mengonsumsi bengkuang bisa membantu memenuhi kebutuhan akan cairan guna menghidrasi tubuh dan membuat kulit menjadi lembap.

Kelembapan kulit yang terjaga tentunya akan membuat kulit terhindar dari kekeringan yang bisa memicu munculnya berbagai masalah kulit, misalnya jerawat dan flek hitam.

  • Menghaluskan kulit

Serat merupakan kandungan dalam bengkuang yang berperan dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga mampu mencegah terjadinya berbagai masalah kulit akibat peradangan, salah satunya jerawat.

  • Mencerahkan kulit

Bengkuang juga diketahui dapat mencerahkan kulit. Manfaat bengkuang untuk wajah yang satu ini juga berasal dari kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

Dalam mencerahkan kulit wajah, vitamin C bekerja dengan cara menghambat produksi melanin, yaitu zat yang berperan dalam menentukan warna kulit. Makin sedikit kadar melanin di dalam tubuh, makin cerah juga warna kulit, termasuk kulit wajah.

  • Mencegah penuaan dini

Manfaat bengkuang untuk wajah yang satu ini juga bisa Anda rasakan bila mengonsumsi bengkuang secara rutin. Hal ini karena bengkuang mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan sel-sel kulit yang baru. Tak hanya itu, vitamin C juga bisa bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas pada kulit.

Berkat berbagai fungsi tersebut, mengonsumsi bengkuang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus, sehingga membuat kulit wajah tampak halus dan awet muda.

Cara Pakai

Berikut ini adalah cara membuat masker bengkuang:

  • Kupas dan cuci bengkuang berukuran sedang.
  • Parut bengkuang tersebut hingga teksturnya halus.
  • Oleskan bengkuang secukupnya ke wajah secara merata.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air dan keringkan.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda dapat menggunakan masker bengkuang secara rutin, setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

**