HaloSultra.com – Efek begadang bagi wajah tidak bisa disepelekan karena akan memengaruhi penampilan Anda, berupa lingkaran hitam di bawah mata, kulit kusam, jerawat, dan wajah terlihat lebih tua.

Saat Anda kurang tidur, tubuh melepaskan lebih banyak hormon stres yang nantinya akan berdampak pada produksi kolagen di kulit.

Selain itu, begadang juga membuat aliran darah pada kulit menjadi terhambat sehingga menyebabkan beragam masalah kulit.

Dilansir dari Alodokter, inilah berbagai efek begadang bagi wajah:

  • Muncul lingkaran hitam di bawah mata

Efek begadang bagi wajah yang bisa langsung terlihat dengan jelas adalah terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata. Ini terjadi karena rusaknya kolagen di kulit wajah yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap elastis. Akibatnya, kulit mengendur dan menyebabkan efek menghitam di sekitar kelopak mata.

  • Mempercepat penuaan kulit

Saat tidur di malam hari, aliran darah di kulit mencapai puncaknya. Dengan begitu, sel-sel kulit yang rusak, misalnya akibat paparan sinar matahari, dapat diperbaiki dan produksi kolagen meningkat. Namun, saat Anda kurang tidur, tubuh tidak memiliki kesempatan untuk melakukan tugasnya tersebut.

Akibatnya, efek begadang bagi wajah menyebabkan skin barrier atau lapisan pelindung kulit melemah, elastisitas kulit berkurang, dan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan di kulit, seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam.

  • Kulit menjadi kering

Kulit kering biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau perawatan kulit yang kurang tepat. Namun siapa sangka, penyebab kulit kering juga bisa karena kurang tidur.

Sering begadang dapat menurunkan tingkat pH kulit dan menyebabkan kulit kehilangan banyak cairan. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kelembapan kulit akan menurun seiring dengan kurangnya waktu tidur setiap malam.

  • Kulit wajah terlihat kusam

Kulit kusam ternyata juga merupakan efek begadang bagi wajah. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kurang tidur di malam hari dapat memengaruhi penampilan kulit. Bahkan, tidur hanya 3 jam selama 2 malam berturut-turut dapat mengubah warna kulit wajah secara signifikan.

  • Muncul jerawat dan komedo

Begadang bisa memicu stres yang menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Selain itu, kurang tidur di malam hari juga berperan dalam meningkatkan produksi minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

  • Memperburuk masalah kulit

Tubuh akan melepaskan banyak hormon stres saat kurang tidur. Nah, pelepasan hormon ini nantinya meningkatkan peradangan di dalam tubuh. Bila Anda memiliki masalah kulit, seperti rosacea, eksim, dan jerawat, peradangan dapat memperburuk gejalanya.

Untuk mencegah berbagai efek begadang bagi wajah, usahakanlah untuk tidur nyenyak minimal 7 jam setiap malam. Tidur yang cukup dan berkualitas tidak hanya penting bagi kesehatan kulit, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

**