Halosultra.com – Tidak hanya menyegarkan, jus timun juga cocok dikonsumsi untuk melepas dahaga dan menjaga kesehatan tubuh.

Buah timun sering dijadikan lalapan sebagai pelengkap menu pecel lele atau ayam goreng. Selain bisa dimakan langsung, timun juga dapat diolah menjadi jus.

Dilansir dari Alodokter, minum jus timun secara rutin bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, diantaranya adalah:

  • Menghidrasi tubuh

Buah timun atau mentimun mengandung air sebanyak 96%. Karena kandungan airnya melimpah, minum jus timun bisa membantu menghidrasi tubuh sehingga kamu terhindari dari dehidrasi. Selain itu, jus timun juga mengandung elektrolit yang baik untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  • Melancarkan pencernaan

Selain tinggi kandungan air, buah timun juga mengandung pektin, yaitu serat yang larut di dalam air. Kedua nutrisi ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan melunakkan tinja sehingga mampu mencegah dan mengatasi sembelit.

  • Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan di dalam buah timun sangat banyak. Antioksidan diketahui bisa menangkal efek radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi jus timun, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga kamu tidak mudah sakit.

  • Mengurangi berat badan

Rutin mengonsumsi jus timun bisa memangkas bobot tubuh. Ini karena timun tinggi serat dan air, tetapi rendah kalori. Makanya, jangan heran ya jika segelas jus timun bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat pun jadi berkurang.

  • Mengontrol gula darah

Timun adalah buah yang rendah indeks glikemik, karbohidrat, dan gula. Artinya, mengonsumsi buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Karena manfaatnya tersebut, timun termasuk dalam buah yang baik untuk penderita diabetes.

  • Menguatkan tulang

Buah timun tinggi kandungan vitamin K yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis. Selain itu, buah ini juga mengandung sejumlah mineral untuk menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium, kalium, dan fosfor.

  • Menjaga kesehatan jantung

Dalam 100 gram timun mengandung kalium sebanyak 150 mg. Ditambah lagi, buah ini juga tinggi antioksidan. Mengonsumsi sumber kalium dan antioksidan bisa membantu menjaga kesehatan jantung sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, seperti stroke.

  • Menurunkan tekanan darah

Punya riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi? Coba deh rutin minum jus timun. Jus timun kaya akan antioksidan dan kalium. Kalium adalah mineral yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan kadar garam di dalam tubuh sehingga mampu mengontrol tekanan darah.

  • Mencegah kulit kering

Seperti yang sudah disinggung di awal, buah timun mengandung air yang banyak. Selain bisa menghidrasi tubuh, kandungan air ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit kering.

  • Menurunkan risiko terkena kanker

Rutin mengonsumsi jus timun juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker hati, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker prostat. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan senyawa cucurbitacin yang terdapat di dalam buah timun.

**