HaloSultra.com – Flek hitam di wajah bisa mengurangi kemulusan wajah. Tak heran kalau banyak orang yang ingin menghilangkan flek hitam di wajah ini dengan beragam jenis perawatan kulit, termasuk dengan bahan alami, seperti menggunakan aloe vera.

Lidah buaya terbukti bisa menyamarkan noda atau flek hitam di wajah. Bukan tanpa alasan, aloe vera mengandung zat alami aloin dan aloesin yang punya efek mencerahkan kulit.

Dilansir dari Alodokter, banyak hasil penelitiannya menyatakan bahwa kulit yang diolesi aloesin secara rutin selama 4–5 minggu tampak lebih cerah.

Selain karena aloin dan aloesin, lidah buaya juga memuat kandungan asam salisilat. Asam salisilat merupakan eksfoliator yang mampu mengangkat lapisan kulit mati bersama kotoran yang menempel. Dengan demikian, tampilan flek hitam akan memudar.

Cara Mendapatkan Manfaat Lidah Buaya untuk Flek Wajah Hitam

Jika ingin menggunakan lidah buaya secara langsung, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Berikut adalah panduannya:

  • Siapkan lidah buaya segar yang sudah tua karena lidah buaya yang sudah berumur akan memiliki kadar aloin dan aloesin yang tinggi.
  • Cuci lidah buaya hingga bersih lalu keringkan.
  • Kupas kulit lidah buaya dan ambil daging atau gelnya.
  • Oleskan gel lidah buaya ke kulit yang sudah dibersihkan. Oleskan pada area kulit yang ada fleknya atau ke seluruh wajah secara merata.
  • Diamkan selama beberapa menit atau sampai mengering
  • Bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk berbahan lembut.

Satu buah batang lidah buaya dapat menghasilkan banyak gel. Oleh karena itu, Anda bisa menyimpan gel yang tersisa ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas. Gel lidah buaya yang disimpan di dalam wadah tertutup dan pendingin bisa Anda gunakan kembali sampai habis.

**