HaloSultra.com – Umumnya, perempuan memiliki peluang panjang umur yang lebih tinggi dibanding pria. Banyak studi yang menunjukkan bahwa wanita cenderung memiliki gaya dan pola hidup lebih sehat sehingga rata – rata sehat seacara fisik maupun psikis.

Dilansir dari Fimela.com, ada beberapa alasan kuat kenapa perempuan umumnya memiliki usia lebih panjang atau harapan lebih yang lebih baik. Adapun alasannya antara lain sebagai berikut.

  • Faktor Genetik

Genetika memainkan peran penting dalam harapan hidup seseorang. Studi menunjukkan bahwa perempuan memiliki keunggulan genetik yang memberikan kekebalan yang lebih baik. Ini membuat perempuan secara umum lebih kebal terhadap penyakit tertentu. Kromosom X tambahan pada perempuan juga diyakini memberikan perlindungan genetik secara ekstra.

  • Gaya Hidup Sehat

Perempuan cenderung lebih memperhatikan kesehatan mereka, termasuk pola makan yang lebih sehat dan perawatan medis yang lebih teratur. Kebiasaan hidup sehat seperti diet yang lebih seimbang, minimnya kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi minuman alkohol dalam batas yang lebih rendah, ini bisa memberikan kontribusi besar terhadap kesehatannya yang lebih optimal. Ini juga yang membuat mereka umumnya memiliki angka harapan hidup yang lebih besar.

  • Respon terhadap Stres

Ada teori bahwa perempuan cenderung memiliki cara yang lebih baik dalam merespons stres yang dialaminya. Meskipun perempuan mungkin lebih rentan terhadap stres, kemampuan mereka dalam membangun jaringan sosial yang kuat dan dalam, membuatnya lebih bahagia. Beberapa cara yang lebih adaptif untuk mengelola stres ternyata membantu menjaga kesehatan mental dan fisik perempuan yang lebih baik.

  • Pengaruh Hormon

Hormon seperti estrogen, telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah. Hormon ini cenderung lebih dominan pada perempuan. Ini dipercaya bisa memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit kardiovaskular, yang dapat mempengaruhi panjang pendek usia seseorang.

  • Pendekatan Terhadap Perawatan Kesehatan

Perempuan cenderung lebih proaktif dalam mengelola kesehatan mereka. Mereka lebih mungkin untuk mengunjungi dokter secara teratur, melakukan pemeriksaan kesehatan preventif, dan memperhatikan gejala penyakit tertentu sejak sedini mungkin. Ini memungkinkan mereka untuk mendeteksi masalah kesehatan lebih awal dan mendapatkan perawatan yang tepat waktu. Sehingga usianya mereka bisa lebih panjang.

Meskipun ada faktor-faktor yang memberi keunggulan pada perempuan dalam umur panjang, penting untuk diingat bahwa setiap individu unik dan banyak variabel lain yang bisa mempengaruhi umur seseorang.

Penting bagi siapapun yang ingin punya umur panjang agar lebih menjaga pola hidup dan kesehatannya, mengatasi stres sebaik mungkin dan menyerahkan segalanya ke pemilik hidup yakni Tuhan. Semoga informasi ini bermanfaat.

**