KONAWE SELATAN – Perhimpunan Petani Konawe Selatan (PPKS) deklarasi dukungan untuk Hugua sebagai bakal calon Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Pilgub 2024 mendatang.

Sakum Priadi, Ketua PPKS mengatakan Hugua merupakan sosok pemimpin yang paling potensial untuk mewujudkan harapan dan aspirasi masyarakat Sultra.

“Setelah memperhatikan perjalanan Bapak Hugua, di mana beliau sangat aktif turun ke masyarakat, kami juga pernah difasilitasi untuk menyampaikan keluhan kami berkaitan dengan masalah lahan transmigrasi yang berada di UPT Arongo, Amohola, Roda dan Wawoosu,” ungkap Sakum melalui keterangan resminya, Minggu (31/3/2024).

Sejak tahun 2012, kata dia, lahan yang harusnya mereka terima rupanya masuk kawasan hutan, malahan beberapa di antaranya belum memiliki lahan usaha dua yang dijanjikan pemerintah dan banyak juga yang bersengketa dengan HGU perusahaan.

“Namun, Alhamdulillah Bapak Hugua masih memperjuangkan kami di DPR RI hingga saat ini, kami yakin jika beliau jadi Calon Gubernur pasti akan lebih cepat terselesaikan,” imbuhnya.

Sakum berpandangan, Hugua adalah pemimpin rakyat yang sesungguhnya. Hal itu dibuktikan bahwa Hugua selalu turun ke bawah untuk mendengarkan keluh kesah masyarakat.

“Namun karena sebentar lagi Pak Hugua purna tugas di DPR, kami tidak ingin aspirasi kami ini terhenti sampai disini, olehnya itu kami meminta agar Pak Hugua melanjutkan pengabdiannya sebagai Gubernur Sultra 2024-2029. Selama Bapak Hugua menjadi anggota DPR RI sudah banyak konflik lahan yang diselesaikan, termasuk beliau sudah berhasil mensertifikatkan tanah sebanyak 1,3juta bidang tanah sejak 2019,” bebernya.

Lalu, Hugua juga dinilai berhasil menurunkan status hutan di Lalowaru sebanyak 250 Hektare menjadi perhutanan sosial yang saat ini sudah digarap oleh masyarakat.

Selanjutnya, ia juga melihat Hugua melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sintesa juga sudah sangat berjasa menyediakan air bersih di Desa Sanggula dan Desa Mekar Jaya Kecamatan Moramo Utara, pembinaan Petani Nilam dan pengembangan ekonomi desa di mayoritas desa di Moramo dan Moramo Utara.

“Melalui LSM Sintesa beliau juga membangun air bersih di Ambololi melalui Yayasan Bina Insani dan banyak program lainnya yang diksanakan oleh Bapak Hugua melalui dua LSM yang dibentuknya sejak 20 Tahun lalu. Kesemua program tersebut hingga kini masih di rasakan manfaatnya oleh masyarakat,” timpalnya.

**