KENDARI – Hasil Quick Count atau hitung cepat dari sejumlah lembaga survei untuk perolehan suara caleg DPRD Sultra khususnya untuk Dapil Sultra 1 yang meliputi Kota Kendari telah dirilis.

Salah satunya dari lembaga survey The Haluoleo Institute (THI) yang melakukan quick count hasil Pemilu 2024 di Sulawesi Tenggara

Dari hasil hitung cepat versi THI yang masuk untuk DPRD Sultra hingga Kamis, 15 Februari 2024 pukul 14.00 WITA, menempatkan Abdul Razak dan Aksan Jaya Putra (AJP) pemuncak perolehan suara terbanyak untuk DPRD dari Dapil Sultra I.

Abdul Rasak yang merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Abdul Rasak menempati posisi pertama atau kontribusinya suaranya paling besar untuk partai politik (parpol) yakni sebesar 68,31 persen suara.

Posisi Razak ditempel oleh AJP yang mengoleksi 66,18 persen suara.

Posisi ketiga ditempati kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sudirman, dengan kontribusi suara untuk partai pengusungnya sebesar 58,60 persen.

Kemudian, kursi keempat diduduki caleg Partai NasDen Sudarmanto dengan raihan 52,23 persen suara. Lalu disusul kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gunartin 51,04 persen, dan caleg Demokrat yakni Isyatin Syam dengan raihan 50,39 persen.

Secara keseluruhan total data masuk untuk hitung cepat untuk DPRD Dapil Sultra 1 ini sebanyak 65,50 persen.

**