JAKARTA — Dalam rangka mendukung pembangunan kembali di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut, Jawa Barat yang belum lama ini diguncang gempa bumi, Yayasan Andrew & Tony dari Kawasan Virtue Dragon Nickel Industrial Park (VDNIP) menyumbangkan donasi senilai Rp1 miliar.

Dana tersebut disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Upacara serah terima yang diadakan hari Kamis (8/12),

Ketua Umum PMI sekaligus Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyampaikan rasa terima kasih kepada Yayasan Andrew & Tony atas sumbangan dana yang diberikan.

JK mengungkapkan Andrew dan Tony, yang bernama asli Zhu Ming Dong dan Zhou Yuan dari China, adalah kenalan lama dirinya.

Dia menyebut kedua pengusaha muda berprestasi itu sebagai sosok yang penuh tanggung jawab dan berbudi luhur, serta telah banyak berkontribusi bagi masyarakat Indonesia.

Rekam jejak keduanya antara lain merekrut lebih dari 40.000 orang pekerja Indonesia di Kawasan Industri Virtue Dragon, membangun jalan dan jembatan di lingkungan tersebut tanpa imbal balik, serta mendirikan perguruan tinggi guna mendidik tenaga kerja teknik Indonesia yang unggul.

Asisten Ketua Kawasan Industri Virtue Dragon Xu Jie mengatakan yayasan ini didirikan pada 2017 dan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal tempat kawasan industri itu berada. Sejak berdirinya yayasan tersebut, sejumlah besar barang bantuan sudah didonorkan dalam rangka penyelamatan dan pembangunan kembali saat banjir menerjang Kendari, gempa bumi Palu, maupun pandemi COVID-19 yang merebak di Indonesia.

Adapun nilai total bantuan itu telah melampaui ¥ 11 juta (1 yuan = Rp 2.240). Lebih lanjut, Xu menyatakan Cianjur dan Garut baru-baru ini diguncang gempa bumi yang masing-masing bermagnitudo 5,6 dan 6,1. Bencana itu menewaskan lebih dari 300 jiwa serta memaksa puluhan ribu orang mengungsi.

Xu menjelaskan sumbangan dana kali ini ditujukan untuk upaya penyelamatan dan pembangunan kembali pasca gempa bumi.

Kawasan VDNIP akan bergandengan tangan dengan masyarakat Indonesia dan bersama-sama melewati kesulitan.

“Yayasan Andrew & Tony akan selalu mendukung perkembangan Indonesia, berkontribusi bagi pengembangan persahabatan China-Indonesia dengan aksi nyata,” pungkas Xu. **