KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) bakal membangun 34 Posyandu Prima di 6 kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Konkep, Sastro mengungkapkan, pembangunan Posyandu di 34 desa ini akan menjadi prioritas Pemkab untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kenapa prioritas? Karena saat dilakukan pendataan di 6 kecamatan yang masuk kategori Lokasi Prioritas Nasional, 34 desa ini belum memiliki Posyandu,” ungkap Sastro dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Diuraikannya, pembangunan 34 Posyandu Prima ini mengunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang akan di salurkan di 6 kecamatan di Konkep.

Di Kecamatan Wawonii Utara sebanyak 10 Posyandu Prima, Kecamatan Wawonii Tenggara 8 Posyandu, Kecamatan Wowonii Barat sebanyak 5 Posyandu.

Kemudian Kecamatan Wawonii Timur sebanyak 5 Posyandu, Kecamatan Wawonii Tengah 4 Posyandu, dan Kecamatan Wawonii Timur Laut kebagian 2 Posyandu saja.

Sedangkan Kecamatan Wawonii Selatan tidak mendapatkan pembangunan Posyandu karena tidak masuk dalam Lokasi Prioritas Nasional.

“Posyandu Prima ini akan dilengkapi semua fasilitasnya mulai dari bangunan, penataan halaman, air bersih dan pelengkap lainnya di dalam ruang pelayanan,” kata Sastro. **