KENDARI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala membuka sekaligus menjadi narasumber dalam temu bisnis promosi sentra IKM dalam rangka peningkatan akses pemasaran dalam negeri.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Kota Kendari, berlangsung di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (7/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Ridwansyah Taridala menyampaikan sejumlah upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam meningkatkan produktivitas IKM di Kota Kendari.

Untuk meningkatkan produktivitas IKM, Pemkot Kendari telah menyediakan sentra IKM meubeleur yang berlokasi di Kelurahan Lepo-lepo Kecamatan Baruga.

Sentra IKM meubeleur telah dibangun sejak tahun 2016 dan Sentra IKM olahan pangan yang berlokasi di Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat.

“Sentra IKM yang di Lepo-lepo telah dibangun sejak 2016, kita lakukan upaya perbaikan sarpras yang ada disana dan kita harap bapak-bapak atau ibu pelaku usaha di Kota Kendari silahkan dimanfaatkan,” ucap Sekda Kota Kendari.

Selain itu, sejumlah ruang juga dapat dimanfaatkan oleh IKM ataupun masyarakat untuk berdagang, sejumlah tempat ini seperti Kendari Beach yang dimanfaatkan untuk melahirkan aktivitas produktif.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari Muh. Ali Aksa mengatakan hadirnya 2 sentra IKM di Kota Kendari ini bertujuan untuk memudahkan pelaku UMKM untuk berkembang serta untuk percepatan pemerataan industri ke seluruh wilayah Kota Kendari.

“Pelaksanaan sentra IKM difokuskan di satu tempat dengan tujuan untuk merapikan dan memudahkan pengontrolan. Kami sangat berharap sentra IKM dapat juga menjadi tempat pariwisata di Kota Kendari,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga, kata Ali Aksa, agar dapat menjalin kemitraan dengan usaha lainnya ataupun sektor-sektor ekonomi lainnya, sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas dan efisiensi usaha.

**