KENDARI – Dinas Kebakaran Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengupayakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) petugas kebakaran salah satunya melalui latihan dasar pemadam kebakaran (Latsar Damkar).

Kepala Dinas Kebakaran Kota Kendari, Abdul Rifai mengatakan Latsar Damkar dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan personel damkar secara maksimal.

“Agar personil damkar bekerja maksimal sesuai dengan standar teknis pelayanan dasar,” ungkap Rifai dalam pembukaan Latsar Damkar di Kantor Dinas Kebakaran Kota Kendari pada Senin (19/06/23).

Dia melanjutkan dalam Latsar Damkar tersebut para peserta akan mendapatkan mulai dari latihan fisik, teori, hingga praktek.

“Latsar Damkar dilaksanakan selama lima hari dengan jumlah peserta sebanyak 98 orang dari lima kabupaten kota yang ada di Sulawesi Tenggara yakni Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Konawe Utara, dan Kabupaten Buton Tengah,” bebernya.

Sementara itu, Pj Walikota Kendari, Asmawa Tosepu mengaharapkan melalui pelatihan ini para peserta dapat menambah pengetahuan dan skill khususnya terkait dengan pemadam kebakaran.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personil damkar kota Kendari dan juga kabupaten lain yang ikut dalam kegiatan pelatihan ini,” tutupnya.

**