BAUBAU – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muh. Rasman Hanafi melakukan evaluasi kinerja kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 8 camat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau.

Evaluasi kinerja tersebut dilakukan digelar salam dua hari sejak 13-14 Mei untuk triwulan pertama tahun 2024.

Asisten III Setda Kota Baubau La Ode Darussalam menjelaskan bahws evaluasi kinerja kepala OPD termasuk Camat dipimpin langsung Pj Wali Kota Baubau didampingi Asisten I, Asisten II, Asisten III dan Inspektorat. Ini merupakan sebuah terobosan baru yang dilakukan oleh Pj Wali Kota untuk mengetahui bagaimana kinerja dan anggaran yang ada di triwulan pertama sehingga bisa dipastikan berjalan dengn baik.

“Sebab anggaran yang yang ada di triwulan pertama harus terselesaikan di triwulan pertama, begitupun dengan kinerjanya. Kalau tidak selesai kendalanya ada dimana, kenapa bisa tidak berjalan dan harus dipastikan bagaimana kegiatan itu tidak berjalan, program apa, dan seksi mana yang tidak berjalan,” jelasnya, seperti dikutip dari laman PPIDU Utama Baubau.

Dia melanjutkan, dari evaluasi kinerja yang dilakukan, masih ada beberapa OPD yang program kinerja di triwulan pertama itu masih belum mencapai target baik dari segi anggaran maupun kinerja yang seharusnya sudah bisa tercapai. Namun demikian, OPD juga menyampaikan beberapa kendala kenapa hal-hal tersebut terjadi dan menyampaikan pula solusinya.

“Evaluasi kinerja ini merupakan sesuatu yang baru yang dibuat oleh Wali Kota Pj Wali Kota. Selama ini belum ada ada evaluasi kinerja seperti ini. Apalagi dalam evaluasi kinerja ini harus dikaitkan dengan hasil Rakortekbang yang dilaksanakan belum lama ini di Kota Kendari,” kata La Ode Darussalam

Jadi apa hasil dari Rakortekbang direview sejauh mana ada di OPD-OPD karena jangan sampai di OPD tidak ada hasil yang didapatkan dari Rakortekbang,” pungkasnya.

**