BAUBAU – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau Muh Rasman Manafi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Baubau Tahun 2023 pada sidang paripurna DPRD Kota Baubau, pada Minggu (31/3/2024).

Pj Wali Kota Baubau mengatakan bahwa penyampaian LKPJ merupakan amanat konstitusi. Dimana LKPJ ini memuat tentang kebijakan umum pemerintahan daerah, pengelolaan keuangan daerah, dan penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan serta hasil-hasil yang telah dicapai selama tahun 2023.

Sementara itu, tujuan penyusunan LKPJ tahun 2023 adalah menyampaikan perkembangan mengenai penyelenggaraan pemerintahan daerah yang disajikan dalam bentuk laporan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan pembangunan kota baubau selama tahun 2023.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi- tingginya terkhusus kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Baubau, atas dukungan, harmonisasi dan kerjasamanya. Sehingga sinergitas antara pihak legislatif dan eksekutif terhadap seluruh jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Baubau berjalan dengan baik selama tahun anggaran 2023,” ujarnya, dikutip dari PPID Utama Baubau.

Dia menambahkan, berkenaan dengan realisasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB), maka laporan realisasi anggaran disusun dengan tujuan untuk dapat menyajikan informasi mengenai kemampuan merealisasikan pendapatan dari yang dianggarkan, pelaksaanaan kegiatan berdasarkan anggaran belanja, dan sumber-sumber pembiayaan yang digunakan untukmengalokasikan surplus atau menutup defisit.

“Mengingat dengan adanya ancaman peningkatantensi geopolitik, badai ekonomi globaldan inflasi yang tinggi di tahun 2023, Kota Baubau masih menunjukkan ketangguhan dan tidak membuat surut dalam pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini. Namun sebaliknya hal ini memberikan dampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat
di Kota Baubau,” tandas Rasman Hanafi.

**