BAUBAU – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau Muh. Rasman Manafi bersama Direktur Perusahaan PT. Buana Sultra Mandiri selaku pengembang melakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Aset Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) Perumahan Wanabhakti Indah, pada Sabtu (30/12/2023).

Adapun PSU perumahan yang diserahkan yaitu jalan lingkungan seluas 9.186 meter, RTH seluas 87 meter dan lahan reservoir seluas 266 meter. Nilai luasan PSU tersebut merupakan hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Serah Terima Aset PSU Perumahan berkoordinasi dengan pengembang perumahan dan Badan Pertanahan Nasional Kota Baubau.

Ini merupakan hasil tindak lanjut dari Monitoring Centre of Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), diantaranya berupa percepatan penyerahan PSU perumahan oleh pengembang kepada Pemerintah Kota Baubau sebagai aset daerah.

Pj. Wali Kota Baubau menyampaikan terimakasih kepada pengembang yang telah memenuhi kewajiban untuk menyerahkan aset PSU ke Pemerintah Kota Baubau. Menurutnya, pengembang perumahan harus berani berinvestasi besar di Kota Baubau.

“Bangunlah perumahan dengan konsep yang lebih luas, misalnya dengan membangun kawasan perumahan yang saling berdampingan dengan kawasan industri. Dan untuk itu Insyaa Allah kedepannya kami berencana merangkul investor untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan juga teman teman pengembang perumahan,” ucapnya.

Muh. Rasman Manafi menambahkan, dengan penyerahan aset PSU ini menunjukkan pengembang serius dan telah berperan aktif dalam kemajuan pembangunan Kota Baubau.

Lebih lanjut dia menyebut bahwa Pemerintah Kota Baubau sudah membuat rancangan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur kewajiban penyediaan PSU sesuai arahan Undang Undang.

“Saya berharap dengan adanya pengembang perumahan yang menyerahkan aset ini, bisa menjadi contoh bagi pengembang lainnya yang belum melakukannya,” tukasnya.

**