BAUBAU – Pj Wali Kota Baubau melalui Asisten III Setda Kota Baubau La Ode Darusalam menyampaikan kepada seluruh relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Baubau untuk tetap menjadi inspirasi dan teladan kemanusiaan bagi masyarakat.

“Terus lah menjadi manfaat bagi sesama, pelopor dalam membangun kebersamaan perdamaian dalam membangun tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik,” ucap Darusalam saat menghadiri Peringatan Hari Relawan PMI di Pantai Lakeba, pada Selasa (26/12/2023).

Menurut La Ode Darussalam, kerelawanan merupakan sebuah nilai universal. Suatu nilai kemanusiaan yang sederhana yaitu gotong royong. menolong orang atau sesama telah menjadi bagian dari budaya warisan bangsa Indonesia.

Relawan adalah jantung gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Kurang lebih 155 tahun yang lalu, kata Darusalam, Henry Dunant menanamkan visi tentang semangat kerelawanan yang terus hidup hingga kini bahkan semakin kuat di dunia.

“Melalui Peringatan Hari Relawan kita mengapresiasi pengabdian yang tulus dan ikhlas dari para relawan yang telah memberikan pelayanan dan rasa nyaman kepada sesama dengan penuh dedikasi bahkan dalam situasi yang sulit terkadang membahayakan diri sendiri,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pembinaan relawan selama ini telah mengalami evolusi cukup signifikan dengan menghasilkan acuan manajemen pembinaan relawan. Selain itu, pengembangan kapasitas relawan dengan berbagai kegiatan terpadu melalui program adaptasi pengurangan resiko bencana dan pembentukan karakter remaja.

“Demikian juga dengan pembinaan relawan PMI di Kota Baubau perlu diapresiasi, sebab telah menjadi bagian penting masyarakat Kota Baubau dalam memberikan bantuan dalam penanggulangan bencana, pelayanan keschatan dan kesejahteraan masyarakat, pelayanan transfusi darah serta pelayanan kemanusiaan lainnya,” pungkas Darusalam.

**