KONAWE – Dampak musim kemarau yang melanda beberapa daerah menyebabkan warga kesulitan air bersih termasuk di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari bersama PT PLN Nusantara Power (NP) menyalurkan air bersih sebanyak 120.000 liter di Kecamatan Lalonggasumeeto, Rabu (24/10/2023).

Penyaluran air bersih ini merupakan komitmen dan kepedulian Lanal Kendari terhadap masyarakat yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau panjang.

“Air merupakan sumber kehidupan. Sehingga perlu mendapatkan respon cepat untuk dapat mencegah adanya dampak-dampak buruk yang tidak diinginkan terjadi. Sehingga kekurangan-kekurangan yang ada di desa ini dengan dilakukannya penyaluran ini nantinya bisa dapat mengatasi yang terjadi di desa,” ucap Komandan Lanal Kendari, Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari.

Zahari menjelaskan, penyaluran air besih ini akan dilakukan di lima desa di Kecamatan Lalonggasumeeto dan akan dilakukan selama empat hari.

“Penyaluran air bersih ini menjadi titik ketiga yang dilakukan oleh Lanal Kendari dari lokasi penyaluran yang sebelumnya dilakukan di kecamatan lain, seperti Soropia dan Kecamatan Abeli,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Camat Lalonggasumeeto Yudhi Ibnu Hajar mewakili masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Lanal Kendari.

Kata Yudhi, bantuan ini sangat berharga karena masyarakat di lima desa yang ada di Lalonggasumeeto ini paling merasakan dampak kemarau yang berlangsung sejak enam bulan lalu.

“Untuk yang terdampak kekeringan itu di Kecamatan Lalonggasumeto ada lima desa, lima itu yaitu Desa Bumi Indah, Lalombonde, Lalonggasumeto, Toolawawo dan Desa Rapambinopaka,” ungkap Yudhi.

**