KONAWE SELATAN – Kecelakaan transportasi laut terjadi antara kapal penumpang Uki Raya 23 dan kapal tongkang yang bermuatan ore nikel di perairan Cempedak, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (27/12/2022) sekitar pukul 01.40 WITA.

Kapten Kapal Uki Raya 23, Munir Salam mengatakan saat terjadi tubrukan antara kapal yang dinahkodainya dan kapal tongkang tersebut, pihaknya memuat 272 penumpang, yang berlabuh dari Pelabuhan Raha ke Pelabuhan Pangkalan Perahu Kota Kendari.

“Saat tubrukan terjadi saya menyuruh semua nahkoda kapal untuk mempersiapkan jaket pengaman untuk para penumpang. Sempat terjadi kepanikan namun tidak berselang lama,” ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Dia juga mengatakan, akibat tabrakan tersebut, kapal Uki Raya mengalami sobek pada bagian lambung kapal, namun tak sampai mengakibatkan air masuk ke dalam.

“Pada saat tabrakan, lampu yang harusnya menyala sebagai tanda pada tongkang tidak dinyalakan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kendari, Heri Wiyanto mengatakan kapal tongkang itu sampai saat ini masih dalam pencarian.

Pihaknya juga telah mengkonfirmasi kepada setiap UPT terdekat yang ada di Sultra.

“Penyebab tubrukan dikarenakan lampu tongkang tidak menyala tidak ada lampu jalan, karena alat navigasi mereka kurang lengkap,” tutupnya. ***