KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga mepimpin rapat koordinasi (rakor) bidang pendidikan bersama kepala sekolah TK, SD, SMP, Pengawas dan koordinator wilayah pendidikan se Kabupaten Konsel, pada Senin (22/1/2024).

Didampingi Kadis PK Konsel Erwawan Supla Yudha, Bupati menekankan peran penting kepala sekolah dalam memanejerial satuan pendidikan.

Kata Bupati Konsel dua periode ini, kepala sekolah juga punya hak untuk menolak izin mutasi/perpindahan tenaga didiknya ke daerah maupun ke sekolah lain.

“Ini yang perlu ditekankan kepada instansi terkait, agar tak mengakomodir permohonan tersebut tanpa melakukan klarifikasi ke pihak sekolah maupun Dinas PK,” tegas Surunuddin.

Olehnya itu, ia meminta ke Dinas PK untuk mengantisipasi hal tersebut. Tak hanya masalah mutasi, namun penempatan P3K yang baru terangkat harus sesuai.

“Ini juga yang diantisipasi oleh dinas, makanya kenapa kontrak P3K itu kami berikan cuman setahun, karena jika ada oknum yang tidak bekerja dengan baik pemda tidak akan perpanjangan kontrak,” cetus Mantan ketua DPRD Konsel ini.

Upaya itu dilakukan Bupati Surunuddin guna mewujudkan peningkatkan kualitas pendidikan di Konawe Selatan. Menurutnya, kebijakan dan perhatian demi memperluas akses pendidikan masyarakat dan mendorong sumber daya manusia.

“Bukan hanya memberikan pelayanan terbaik dalam meningkatkan kualitas pendidikan, namun juga menyediakan pembangunan sarana infrastruktur sekolah yang lebih memadai, serta memantapkan manajerial pendidikan itu sendiri,” pungkasnya.

**