KOLAKA UTARA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara (Kolut), Nurgalia mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dan menyalurkan hak pilihnya.

Hal itu disampaikan Nurgalia dalam acara peluncuran tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara tahun 2024 di Alun-alun Kota Lasusua yang dihadiri oleh Forkompinda serta ribuan masyarakat, pada Sabtu malam (1/6/2024).

“Pilkada adalah agenda besar yang harus kita sukseskan bersama. Kerjasama dari semua kalangan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik, mulai malam ini tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan,” ucap Ketua KPU Kolut, seperti dikutip dari kolutkab.go.id.

Dalam peluncuran itu, KPU memperkenalkan maskot Pilkada, Moma dan Momo, hasil karya Akbar Mubarak, serta jingle “Ayo Memilih” ciptaan Lukman Budianto.

Nurgalia menuturkan bahwa peluncuran ini adalah awal dari serangkaian tahapan pemilu yang akan dilaksanakan KPU. “Kami meluncurkan tahapan awal perekrutan adhoc mulai dari tingkat kecamatan dan desa. Masyarakat yang sudah berusia 17 tahun diharapkan untuk mendaftar sebagai calon pemilik,” ungkap Nurgalia.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, M. Yasin, yang mewakili Pj Bupati Kolaka Utara, mengapresiasi kerja keras KPU dalam pemilu serentak yang telah dilaksanakan dengan sukses.

“Pemilu Februari lalu membuktikan kedewasaan politik masyarakat Kolaka Utara dengan tidak adanya perselisihan dan tidak satu TPS pun yang melakukan pemungutan suara ulang. Kami berterima kasih kepada KPU dan seluruh penyelenggara pemilu atas dedikasinya,” kata Yasin.

Ia juga menegaskan pentingnya kerjasama dengan pemerintah daerah dalam menyukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024.

“Kami menitipkan kepada para penyelenggara pemilu untuk mengawal aspirasi masyarakat dalam pemilihan yang demokratis dan mandiri,” tegasnya.

Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi dan dukungan penuh dari berbagai pihak, peluncuran tahapan pemilihan ini menjadi tonggak penting menuju Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Kemeriahan dan semangat yang ditunjukkan pada acara ini menggambarkan komitmen seluruh elemen masyarakat Kolaka Utara dalam menyukseskan pemilihan yang adil dan transparan.

**